Rekomendasi Primer untuk Kulit Berminyak dan Pori Besar

Niki Salamah

Pengenalan

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan pori besar, memilih primer yang tepat menjadi kunci dalam rutinitas makeup Anda. Primer adalah produk yang digunakan sebelum foundation untuk menciptakan lapisan pelindung di antara kulit dan makeup, membantu memperpanjang daya tahan makeup, dan mengurangi tampilan pori-pori. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi primer yang cocok untuk kulit berminyak dan pori besar.

1. Primer Berbahan Dasar Silikon

Primer dengan kandungan bahan dasar silikon sangat ideal untuk kulit berminyak dan pori besar. Silikon terkenal karena memiliki tekstur lembut yang bekerja sebagai pengisi pori-pori, menyamarkan pori-pori yang tampak membesar dan memberikan hasil yang halus. Primer berbahan dasar silikon juga membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, sehingga makeup lebih tahan lama.

Rekomendasi Produk:

  • The Ordinary High-Adherence Silicone Primer: Produk yang terjangkau ini mengandung bahan aktif yang merawat kulit dan mampu mengontrol minyak berlebih. Selain itu, formula silikonnya membantu mengisi pori-pori dan menghasilkan permukaan kulit yang halus.
  • Smashbox Photo Finish Foundation Primer: Primer ini telah menjadi favorit di kalangan makeup artist dan pengguna primer. Dengan formula yang ringan dan mengandung silikon, primer ini dapat mengurangi tampilan pori-pori besar, menyamarkan garis halus, dan meningkatkan daya tahan makeup.

2. Primer Mattifying

Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka primer dengan efek matte adalah pilihan yang baik. Primer dengan formula mattifying bekerja dengan menyerap minyak berlebih pada wajah, menjadikannya lebih kering dan bebas kilap. Jenis primer ini juga membantu memperpanjang daya tahan makeup, sehingga wajah Anda tetap segar lebih lama.

Rekomendasi Produk:

  • Becca Ever-Matte Poreless Priming Perfector: Primer ini sangat terkenal karena kemampuannya dalam mengontrol minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering. Formula mattifyingnya bekerja dengan baik pada kulit berminyak, mengurangi kilap dan menghasilkan tampilan matte yang tahan lama.
  • NYX Professional Makeup Shine Killer Primer: Produk ini adalah pilihan yang bagus untuk mematikan kilap di wajah dan mengontrol minyak berlebih pada kulit berminyak. Primer ini memiliki tekstur yang ringan dan dapat digunakan sendiri atau sebelum makeup.
BACA JUGA:   Rekomendasi HP 2 Jutaan 2022 dengan Kamera Terbaik

3. Primer Berbahan Aktif Pori-Pori

Untuk mengurangi tampilan pori-pori besar, Anda dapat mencari primer yang mengandung bahan aktif yang membantu menyempitkan pori-pori. Ada beberapa bahan seperti niacinamide, salicylic acid, atau ekstrak teh hijau yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih.

Rekomendasi Produk:

  • Benefit POREfessional Face Primer: Primer ini dikenal karena kemampuannya menyamarkan pori-pori besar dan menghasilkan tampilan halus pada kulit. Mengandung ekstrak teh hijau, produk ini juga membantu mengontrol minyak berlebih serta memberikan perlindungan untuk kulit Anda.
  • Paula’s Choice Pore-Reducing Primer: Primer ini mengandung salicylic acid yang membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan pori besar. Selain itu, formula ringannya menjadikan primer ini cocok untuk kulit sensitif sekalipun.

Kesimpulan

Kulit berminyak dan pori besar membutuhkan primer yang diformulasikan khusus untuk menciptakan tampilan makeup yang tahan lama dan mengurangi tampilan pori-pori. Pilihlah primer dengan bahan dasar silikon atau yang memiliki efek mattifying untuk mengontrol minyak berlebih. Jika Anda ingin menyempitkan pori-pori besar, pilihlah primer dengan bahan aktif pori-pori. Sebaiknya, sebelum membeli atau menggunakan produk baru, lakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit Anda untuk memastikan bahwa primer tersebut cocok dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Also Read

Bagikan: