Kalori Jus Alpukat dengan Gula dan Susu

Niki Salamah

Jus alpukat adalah minuman yang populer terutama di negara-negara tropis. Biasanya, jus alpukat dibuat dari daging alpukat yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan tambahan untuk memberikan rasa yang nikmat. Salah satu variasi jus alpukat yang umum adalah dengan tambahan gula dan susu.

Komposisi dan Nutrisi

Pada dasarnya, jus alpukat dengan gula dan susu terdiri dari tiga bahan utama: alpukat, gula, dan susu. Alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi dan juga kaya akan serat dan vitamin. Gula digunakan untuk memberikan rasa manis pada jus alpukat, sementara susu digunakan untuk memberikan kekentalan dan tambahan nilai gizi.

Dalam 100 gram alpukat yang dioleh menjadi jus, terdapat sekitar 160-190 kalori, tergantung pada ukuran dan kepadatan buah alpukat. Sementara itu, setiap sendok teh gula mengandung sekitar 15 kalori, dan 1 cangkir susu umumnya mengandung sekitar 120-150 kalori tergantung pada jenis dan kadar lemak susu.

Kalori dalam Jus Alpukat dengan Gula dan Susu

Untuk menghitung jumlah kalori dalam segelas jus alpukat dengan gula dan susu, kita perlu mempertimbangkan komposisi dan proporsi bahan-bahannya. Sebagai contoh, jika kita menggabungkan 100 gram alpukat, 1 sendok teh gula, dan 1 cangkir susu dalam jus alpukat, kita bisa mengira-ngira jumlah kalorinya sebagai berikut:

  • Alpukat (100 gram) memiliki sekitar 160-190 kalori.
  • Gula (1 sendok teh) memiliki sekitar 15 kalori.
  • Susu (1 cangkir) memiliki sekitar 120-150 kalori.

Jadi, total jumlah kalori dalam jus alpukat dengan gula dan susu adalah sekitar 295-355 kalori. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan kasar dan jumlah kalori bisa berbeda tergantung pada ukuran dan jenis bahan yang digunakan saat membuat jus alpukat.

BACA JUGA:   Jawaban: Kisaran Warna Kulit yang Cocok untuk Bedak Inez No. 3

Perhatian Khusus

Meskipun jus alpukat sangat lezat dan mengandung beberapa nutrisi yang baik, perlu diingat bahwa jus ini juga mengandung kalori yang tinggi. Jika kamu sedang menjaga berat badan atau mengikuti diet rendah kalori, sebaiknya kamu mengonsumsi jus alpukat dengan gula dan susu ini dengan bijak dan dalam jumlah yang moderat.

Selain itu, perhatikan juga penggunaan gula tambahan dalam jus alpukat. Gula tambahan dapat meningkatkan jumlah kalori dan mengurangi manfaat kesehatan dari jus alpukat. Sebaiknya, jika memungkinkan, pilihlah buah alpukat yang sudah matang alami sehingga menghasilkan jus yang sudah cukup manis tanpa tambahan gula.

Kesimpulan

Jus alpukat dengan gula dan susu mengandung sekitar 295-355 kalori per porsi. Meskipun jus alpukat ini kaya akan nutrisi, perhatian khusus tetap perlu diberikan terhadap jumlah gula tambahan yang digunakan. Mengonsumsi jus alpukat ini dengan bijak dan dalam jumlah yang moderat akan membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan kalori dalam tubuh.

Also Read

Bagikan: