Contoh Tes Mantoux Positif

Niki Salamah

Uji Mantoux, juga dikenal sebagai tes tusukan kulit, adalah tes yang digunakan untuk mengidentifikasi infeksi tuberkulosis (TB). Saat dilakukan tes Mantoux, sejumlah kecil cairan yang mengandung protein tuberkulosis disuntikkan di bawah kulit Anda. Jika Anda memiliki papula yang cukup besar sebagai reaksi terhadap tes ini, itu menandakan tes Mantoux positif, yang dapat mengindikasikan infeksi TB.

Tes Mantoux ini mengukur respons imun Anda terhadap infeksi tuberkulosis. Ketika infeksi terjadi, sistem kekebalan tubuh Anda akan meluncurkan serangan terhadap bakteri TB dengan menghasilkan sel-sel kekebalan tertentu. Tes Mantoux memanfaatkan cara kerja sistem kekebalan tubuh tersebut untuk melihat apakah Anda telah terinfeksi atau tidak.

Reaksi positif pada tes Mantoux dinyatakan dalam bentuk kulit yang terangkat dan merah di lokasi suntikan. Tes ini biasanya dibaca antara 48 hingga 72 jam setelah suntikan. Jika ada pembengkakan dan kemerahan pada kulit, maka dapat mengindikasikan adanya infeksi. Namun, perlu diingat bahwa tes Mantoux tidak dapat membedakan antara infeksi TB yang aktif dan infeksi TB yang tidak aktif. Tes ini juga tidak dapat mengidentifikasi apakah infeksi TB sudah sembuh atau masih aktif.

Seseorang dengan tes Mantoux positif mungkin perlu menjalani tes tambahan seperti tes darah, tes dahak, atau tes radiologi seperti sinar-X dada. Tes ini dapat membantu dokter menentukan apakah terdapat infeksi TB aktif yang memerlukan pengobatan.

Perlu diingat bahwa tes Mantoux positif tidak selalu menunjukkan adanya infeksi TB aktif. Hal ini dapat terjadi pada individu yang telah divaksinasi dengan vaksin BCG (bacillus Calmette-Guérin), yang umumnya digunakan untuk mencegah infeksi TB pada anak-anak di beberapa negara. Tes Mantoux positif juga dapat terjadi pada individu yang pernah terpapar bakteri tuberkulosis.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap: Cara Melamar Kerja Online Lewat WhatsApp

Dalam beberapa kasus, tes Mantoux dapat memberikan hasil positif palsu atau negatif palsu. Hasil palsu positif dapat terjadi jika Anda telah divaksinasi BCG atau jika Anda memiliki infeksi tuberkulosis non-TB yang dapat menghasilkan respons imun serupa. Hasil palsu negatif dapat terjadi jika tes dilakukan terlalu awal setelah terpapar bakteri TB atau jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak merespons tes dengan benar.

Jika Anda mendapatkan hasil positif pada tes Mantoux, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut dan pengelolaan yang tepat. Ingatlah bahwa hanya seorang profesional medis yang dapat membantu mendiagnosis dan menentukan tindakan yang diperlukan berdasarkan hasil tes Mantoux.

Also Read

Bagikan: