6 Langkah Kebersihan Tangan

Niki Salamah

Berikut adalah enam langkah penting untuk menjaga kebersihan tangan:

1. Basahi tangan dengan air bersih

Langkah pertama dalam menjaga kebersihan tangan adalah basahi tangan dengan air bersih. Pastikan air yang digunakan bersih dan tidak mengandung kotoran atau bahan kimia berbahaya. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan permukaan tangan dari kotoran yang mudah terlihat.

2. Gunakan sabun yang cocok

Setelah tangan basah, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan sabun yang cocok. Pilihlah sabun yang memiliki kandungan antibakteri untuk membunuh mikroorganisme yang ada pada tangan. Pastikan juga sabun yang digunakan aman untuk kulit Anda, agar tidak menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

3. Gosok tangan dengan baik

Selama proses mencuci tangan, gosokkan sabun dengan baik di kedua telapak tangan, di sela-sela jari, dan di belakang tangan. Pastikan seluruh permukaan tangan tergosok dengan baik selama minimal 20 detik. Gosokkan hingga terbentuk busa yang cukup banyak, karena ini akan membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroorganisme dari kulit.

4. Bilas tangan dengan air bersih

Setelah tangan di-gosok dengan sabun, bilas tangan dengan air bersih dan pastikan semua sabun dan busa terhapus dengan sempurna. Pastikan air yang digunakan bening dan bersih, sehingga tidak menyisakan sisa-sisa sabun pada tangan.

5. Keringkan tangan dengan handuk kering

Setelah tangan selesai dibilas, keringkan tangan dengan handuk yang bersih dan kering. Hindari menggunakan handuk yang telah dipakai secara berulang, karena dapat menjadi sarang bakteri. Jika memungkinkan, gunakan handuk sekali pakai atau kertas tisu untuk mengeringkan tangan.

6. Gunakan hand sanitizer

Terakhir, gunakan hand sanitizer untuk melengkapi kebersihan tangan Anda. Hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol dapat membunuh bakteri dan virus yang mungkin masih tersisa setelah mencuci tangan dengan sabun. Pastikan untuk mengoleskan hand sanitizer di seluruh permukaan tangan dan biarkan mengering dengan sendirinya.

BACA JUGA:   Uterus During Pregnancy

Dengan menerapkan keenam langkah kebersihan tangan ini, Anda dapat meminimalkan potensi penyebaran mikroorganisme berbahaya dan menjaga kesehatan diri serta orang di sekitar Anda.

Also Read

Bagikan: