Inovasi Puskesmas Santun Lansia

Niki Salamah

Puskesmas Santun Lansia, sebagai salah satu lembaga pelayanan kesehatan di Indonesia, senantiasa berupaya melakukan inovasi untuk memberikan layanan yang lebih baik dan penuh perhatian bagi para lansia. Inovasi-inovasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia serta memenuhi kebutuhan kesehatan mereka yang semakin kompleks seiring dengan bertambahnya usia.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Santun Lansia adalah program pelayanan berbasis keluarga. Puskesmas ini melibatkan keluarga dalam proses perawatan dan pemantauan kesehatan lansia. Dengan demikian, keluarga dapat berperan aktif dalam memastikan bahwa perawatan lansia dilakukan dengan baik di rumah. Selain itu, melibatkan keluarga juga membantu mengurangi tingkat ketergantungan lansia terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas, sehingga puskesmas dapat fokus pada pelayanan yang memerlukan intervensi medis langsung.

Selain program pelayanan berbasis keluarga, Puskesmas Santun Lansia juga melaksanakan program pelayanan geriatri. Program ini menekankan pada pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi lansia yang mengalami gangguan kesehatan kronis. Tim medis di puskesmas ini terlatih khusus dalam memberikan pelayanan yang sensitif terhadap kebutuhan kesehatan lansia, seperti pengelolaan penyakit kronis, perawatan luka, serta pemantauan fungsi tubuh.

Selain itu, puskesmas ini juga melibatkan tim konseling psikososial dalam programnya. Tim ini memberikan dukungan emosional dan sosial bagi lansia serta keluarganya. Lansia sering menghadapi perubahan fisik dan emosional yang signifikan, serta kesulitan dalam beradaptasi dengan perubahan sosial dan lingkungan. Tim konseling psikososial membantu lansia dalam mengelola stres, mengatasi kesepian, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tidak hanya itu, Puskesmas Santun Lansia juga memanfaatkan teknologi dalam inovasinya. Mereka memiliki sistem manajemen data elektronik yang mengintegrasikan seluruh informasi dan catatan kesehatan lansia. Hal ini memudahkan pemantauan, pengkajian, dan perencanaan tindak lanjut dalam pelayanan kesehatan mereka. Selain itu, puskesmas ini juga memanfaatkan telemedicine untuk memberikan konsultasi medis jarak jauh bagi lansia yang sulit mengakses pelayanan kesehatan langsung di puskesmas.

BACA JUGA:   Kegiatan Posyandu Balita: Membangun Fondasi Kesehatan dan Pertumbuhan Anak Indonesia

Dalam upaya menjaga keberlanjutan inovasi, Puskesmas Santun Lansia melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan perusahaan swasta. Kolaborasi ini memungkinkan puskesmas untuk mendapatkan dukungan, sumber daya, dan pengetahuan tambahan guna meningkatkan layanan bagi lansia.

Secara keseluruhan, inovasi Puskesmas Santun Lansia dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi lansia merupakan langkah yang sangat relevan dan bermanfaat. Dengan melibatkan keluarga, memberikan pelayanan geriatri yang komprehensif, menyediakan dukungan psikososial, memanfaatkan teknologi, serta melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, puskesmas ini mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan penuh perhatian bagi lansia.

Also Read

Bagikan: