Visi dan Misi Menikah dalam Islam

Niki Salamah

Menikah memiliki peran penting dalam agama Islam, karena pernikahan dianggap sebagai salah satu institusi yang diciptakan oleh Allah untuk menjalankan kuasa-Nya di dunia ini. Dalam Islam, visi dan misi menikah sangatlah relevan dan dimaksudkan untuk mencapai tujuan hidup yang mulia serta membentuk hubungan keluarga yang harmonis dan berkah.

1. Visi Menikah dalam Islam

Visi menikah dalam Islam adalah menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Konsep "sakinah" mengacu pada kedamaian dan ketenangan yang hadir dalam hubungan suami istri, memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan. "Mawaddah" berarti kasih sayang dan cinta di antara pasangan suami istri, menjadikan relationship goal yang mencerminkan kasih sayang Allah terhadap umat-Nya. "Rahmah" mencerminkan kerahiman dan belas kasih yang terpancar dalam hubungan keluarga, di mana pasangan saling mendukung dan merawat satu sama lain.

Visi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, di mana suami dan istri saling mencintai, menghargai, dan saling mendukung dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, pasangan suami istri harus bekerja sama untuk mencapai visi ini dengan adanya saling pengertian, komunikasi yang baik, dan komitmen untuk menjaga keharmonisan hubungan pernikahan.

2. Misi Menikah dalam Islam

Misi menikah dalam Islam meliputi:

a. Menjaga Iman dan Takwa

Menikah bertujuan untuk membentuk keluarga yang taat beragama, menjalankan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya. Pernikahan sebagai fitrah dan sunnah Rasulullah adalah landasan untuk menjaga iman dan takwa dalam kehidupan sehari-hari serta membantu pasangan dalam menjalankan ibadah.

b. Membangun Kedekatan dengan Allah

Menikah adalah cara untuk saling membantu dalam mencapai kesempurnaan iman, dan saling mendorong agar lebih dekat dengan Allah. Pasangan suami istri saling mendukung dan saling mengingatkan dalam kebaikan serta mencegah satu sama lain dari perbuatan dosa.

BACA JUGA:   Rekomendasi Bedak Padat yang Tahan Lama untuk Kulit Kering

c. Membentuk Generasi yang Baik

Pernikahan juga memiliki misi untuk membentuk generasi yang baik dan komitmen untuk mendidik anak-anak dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Pasangan suami istri memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ilmu agama, adab, serta etika Islam kepada anak-anak mereka sehingga dapat tumbuh menjadi generasi yang tangguh dan mampu menghadapi tantangan dunia modern.

d. Mengembangkan Potensi Bersama

Misi menikah dalam Islam juga mencakup pengembangan potensi bersama sebagai pasangan suami istri. Dalam pernikahan, pasangan dapat mendukung dan memotivasi satu sama lain untuk berkembang dalam berbagai aspek kehidupan, baik secara akademis, sosial, maupun ekonomi.

e. Menyebarkan Rahmat dan Menunjukkan Teladan

Dalam Islam, pasangan suami istri dianggap sebagai timbangan yang seimbang. Pasangan ini memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan rahmat Allah kepada keluarga, tetangga, masyarakat, dan umat manusia secara umum. Melalui hubungan pernikahan yang harmonis dan penuh kasih sayang, mereka menjadikan diri mereka teladan bagi orang lain dalam menjalani kehidupan berumah tangga yang baik dan islami.

Dengan menjalankan visi dan misi menikah dalam Islam, pasangan suami istri dapat mencapai tujuan Allah dalam pernikahan, yakni menciptakan keluarga yang bahagia, harmonis, dan penuh berkah.

Also Read

Bagikan: