Rekomendasi Zat Besi untuk Anak 1 Tahun

Niki Salamah

Pendahuluan

Zat besi adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan yang optimal. Penting bagi anak-anak di usia pertumbuhan, khususnya anak 1 tahun yang sedang mengalami periode pertumbuhan yang pesat.

Mengapa anak 1 tahun membutuhkan zat besi?

Anak usia 1 tahun membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk membantu produksi sel darah merah, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh, dan memastikan fungsi kognitif yang baik. Zat besi juga diperlukan untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf, serta meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan oleh anak 1 tahun?

Menurut American Academy of Pediatrics, anak usia 1 tahun membutuhkan sekitar 11 mg zat besi setiap hari. Jumlah ini lebih tinggi daripada kebutuhan zat besi pada masa bayi. Kekurangan zat besi pada anak 1 tahun dapat menyebabkan anemia atau penurunan jumlah sel darah merah yang dapat memengaruhi daya tahan tubuh dan perkembangan kognitif.

Sumber makanan yang kaya zat besi untuk anak 1 tahun

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak 1 tahun, penting untuk memberikan makanan yang kaya zat besi. Berikut adalah beberapa sumber makanan yang kaya zat besi yang dapat diberikan kepada anak 1 tahun:

  1. Daging merah: Daging sapi, daging kambing, dan daging babi adalah sumber utama zat besi heme, yang merupakan bentuk zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Pastikan daging sudah dimasak dengan baik sebelum diberikan kepada anak.

  2. Ayam dan ikan: Ayam dan ikan juga mengandung zat besi yang penting untuk pertumbuhan anak. Hindari memberikan makanan laut yang tinggi merkuri, seperti ikan hiu atau tuna sirip biru.

  3. Telur: Telur adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung zat besi. Telur dapat diberikan dalam bentuk telur rebus atau omelet yang lembut.

  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian: Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan lentil, serta biji-bijian seperti quinoa dan gandum, mengandung zat besi dan serat yang baik untuk pencernaan. Pastikan kacang-kacangan dan biji-bijian sudah dimasak dengan baik sebelum diberikan kepada anak.

BACA JUGA:   Tombol Mesin ATM

Tips meningkatkan penyerapan zat besi pada anak 1 tahun

Selain memberikan makanan yang kaya zat besi, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi pada anak 1 tahun:

  1. Kombinasikan dengan makanan tinggi vitamin C: Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi non-heme (bentuk zat besi yang terdapat pada tanaman). Berikan makanan tinggi vitamin C seperti jeruk, stroberi, atau kiwi bersama dengan makanan yang mengandung zat besi.

  2. Hindari memberikan susu atau produk susu bersamaan dengan makanan kaya zat besi: Susu mengandung kalsium yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Berikan susu atau produk susu setidaknya 1-2 jam sebelum atau setelah memberikan makanan kaya zat besi.

  3. Jangan berikan teh atau kopi: Teh dan kopi mengandung tannin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Hindari memberikan teh atau kopi kepada anak 1 tahun.

  4. Kenali gejala kekurangan zat besi: Apabila anak 1 tahun memiliki gejala kekurangan zat besi seperti kelelahan, pucat, nafsu makan menurun, mudah marah, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

Kesimpulan

Pemberian zat besi yang cukup pada anak usia 1 tahun sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Pastikan memberikan makanan yang kaya zat besi dan menggunakan tips di atas untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Tetaplah memantau gejala kekurangan zat besi pada anak dan berkonsultasilah dengan dokter jika diperlukan.

Also Read

Bagikan: