Perawatan Gigi di Puskesmas

Niki Salamah

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Di Puskesmas, tidak hanya menyediakan perawatan umum, tetapi juga perawatan gigi. Perawatan gigi di Puskesmas dapat menjadi alternatif yang baik, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki akses atau keterbatasan biaya untuk perawatan gigi di klinik swasta.

Jenis Perawatan Gigi di Puskesmas

  1. Pemeriksaan Gigi: Puskesmas menyediakan layanan pemeriksaan gigi secara rutin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendiagnosis masalah gigi dan mulut serta memberikan rekomendasi perawatan lebih lanjut jika diperlukan.

  2. Pembersihan Gigi: Puskesmas juga menyediakan layanan pembersihan gigi. Pembersihan gigi ini dilakukan oleh dokter gigi atau perawat gigi yang terlatih. Prosesnya meliputi pengangkatan plak dan karang gigi, membersihkan permukaan gigi, dan memberikan nasihat mengenai kebersihan gigi yang baik.

  3. Penambalan Gigi: Puskesmas juga dapat melakukan perawatan penambalan gigi. Jika terdapat gigi yang berlubang atau rusak, dokter gigi akan membersihkan gigi tersebut dan melakukan penambalan dengan bahan tambal yang sesuai.

  4. Pengobatan Penyakit Gusi: Puskesmas juga memiliki layanan pengobatan penyakit gusi. Jika Anda mengalami masalah seperti radang gusi atau periodontitis, dokter gigi di Puskesmas dapat memberikan perawatan untuk mengatasi masalah tersebut.

  5. Cabut Gigi: Jika gigi Anda mengalami kerusakan parah dan tidak bisa diperbaiki, dokter gigi di Puskesmas dapat melakukan pencabutan gigi. Puskesmas biasanya hanya mencabut gigi yang memang tidak dapat diselamatkan, sedangkan untuk kasus gigi berimpaksi atau pembiusan umum seringkali dirujuk ke rumah sakit.

Persyaratan dan Biaya

Untuk mendapatkan perawatan gigi di Puskesmas, Anda memerlukan beberapa persyaratan, seperti:

  • Membawa kartu identitas (KTP atau kartu identitas lainnya)
  • Membawa kartu BPJS (jika Anda memiliki)
  • Jika tidak memiliki kartu BPJS, bukti status kependudukan seperti KK atau surat keterangan dari desa/kelurahan
BACA JUGA:   Bayi 9 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri: Normalkah?

Hampir semua Puskesmas memberikan pelayanan gigi dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis jika Anda memiliki kartu BPJS. Namun, biaya perawatan gigi di Puskesmas dapat bervariasi tergantung pada jenis perawatan yang Anda butuhkan. Pastikan untuk menanyakan tentang biaya perawatan ke petugas Puskesmas sebelum melakukan perawatan gigi.

Keuntungan dan Kelemahan

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kelemahan dari perawatan gigi di Puskesmas:

Keuntungan:

  • Biaya perawatan gigi yang terjangkau atau bahkan gratis dengan BPJS.
  • Tenaga medis yang terlatih dan berkompeten dalam merawat gigi Anda.
  • Mudah diakses oleh masyarakat umum karena banyak lokasi Puskesmas yang terdapat di berbagai wilayah.

Kelemahan:

  • Terkadang waktu tunggu bisa cukup lama karena jumlah pasien yang banyak.
  • Terbatasnya fasilitas dan teknologi canggih untuk perawatan gigi yang lebih kompleks.
  • Kadang-kadang perawatan gigi tertentu tidak dapat dilakukan di Puskesmas dan harus dirujuk ke rumah sakit atau klinik gigi lainnya.

Kesimpulan

Perawatan gigi di Puskesmas merupakan alternatif yang baik, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki akses atau keterbatasan biaya untuk perawatan gigi di klinik swasta. Jenis perawatan gigi yang tersedia di Puskesmas meliputi pemeriksaan gigi, pembersihan gigi, penambalan gigi, pengobatan penyakit gusi, dan pencabutan gigi. Penting untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan seperti membawa KTP, kartu BPJS, dan dokumen pendukung lainnya. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, Puskesmas tetap menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan perawatan gigi yang terjangkau dan berkualitas.

Also Read

Bagikan: