Perawatan Akar Gigi BPJS

Niki Salamah

Pengertian Perawatan Akar Gigi

Perawatan akar gigi, juga dikenal sebagai endodontik, adalah suatu prosedur medis yang dilakukan untuk menyelamatkan gigi yang rusak atau terinfeksi hingga ke akarnya. Proses ini melibatkan pengangkatan jaringan lunak yang terinfeksi (pulp) dan membersihkan saluran akar gigi sebelum mengisi dan menutupnya.

Perawatan Akar Gigi BPJS

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) menyediakan layanan perawatan akar gigi untuk peserta yang membutuhkannya. Layanan ini termasuk dalam kategori tindakan bedah mulut. BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan yang meliputi perawatan kesehatan dasar hingga keperawatan khusus, termasuk perawatan akar gigi.

Prosedur untuk Mendapatkan Perawatan Akar Gigi BPJS

Untuk mendapatkan perawatan akar gigi melalui BPJS Kesehatan, Anda perlu mengikuti beberapa prosedur berikut:

  1. Pendaftaran sebagai peserta BPJS Kesehatan: Pastikan Anda telah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan membayar iuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda berhak mendapatkan berbagai layanan kesehatan, termasuk perawatan akar gigi.

  2. Kunjungi fasilitas kesehatan yang terafiliasi dengan BPJS Kesehatan: Pilih fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan dapat memberikan layanan perawatan akar gigi. Anda bisa menanyakan informasi terkait dengan fasilitas ini ke BPJS Kesehatan atau mencarinya lewat website resmi mereka.

  3. Periksa dan konsultasi dengan dokter gigi: Setelah memilih fasilitas kesehatan, Anda harus membuat janji temu dengan dokter gigi yang bertugas di sana. Pada pertemuan ini, dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi Anda dan menentukan apakah Anda membutuhkan perawatan akar gigi.

  4. Mendapatkan surat rujukan: Jika dokter gigi menentukan bahwa Anda membutuhkan perawatan akar gigi, Anda akan diberikan surat rujukan oleh dokter gigi yang berisi indikasi medis dan rekomendasi perawatan yang harus Anda terima.

  5. Mengikuti perawatan akar gigi: Setelah memiliki surat rujukan, Anda bisa mengikuti perawatan akar gigi sesuai dengan rekomendasi dari dokter gigi. Prosedur perawatan ini meliputi pengangkatan jaringan lunak yang terinfeksi, membersihkan saluran akar gigi, dan mengisi serta menutup saluran tersebut.

BACA JUGA:   Peran Kader dalam Pencegahan Stunting

Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan untuk Perawatan Akar Gigi

Menggunakan BPJS Kesehatan untuk perawatan akar gigi memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Biaya perawatan yang terjangkau: Dengan menggunakan BPJS Kesehatan, biaya perawatan akar gigi akan lebih terjangkau daripada jika Anda harus membayarnya secara penuh tanpa asuransi kesehatan.

  • Akses ke fasilitas kesehatan berkualitas: BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terpercaya. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh perawatan akar gigi dari dokter gigi yang berpengalaman dan fasilitas yang dilengkapi dengan peralatan medis modern.

  • Jaminan perlindungan kesehatan: Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda memiliki jaminan perlindungan kesehatan yang meliputi perawatan akar gigi dan berbagai layanan kesehatan lainnya. Ini memberikan kepastian bahwa Anda dapat mengakses layanan kesehatan saat Anda membutuhkannya tanpa harus khawatir tentang biaya yang terlalu tinggi.

Kesimpulan

Perawatan akar gigi melalui BPJS Kesehatan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan perawatan gigi yang terjangkau dan berkualitas. Dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, Anda dapat memperoleh perawatan akar gigi yang dibutuhkan tanpa harus khawatir tentang biaya yang terlalu tinggi.

Also Read

Bagikan: