Jurusan Keperawatan Gigi

Niki Salamah

Jurusan keperawatan gigi merupakan salah satu program studi yang berfokus pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Jurusan ini melibatkan pendidikan dan pelatihan dalam bidang perawatan gigi dengan menggunakan pendekatan holistik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jurusan keperawatan gigi, apa yang dipelajari di dalamnya, serta peluang karir yang dapat dikejar setelah lulus dari program ini.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Keperawatan Gigi?

Dalam program studi keperawatan gigi, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek mengenai penanganan masalah gigi dan mulut. Beberapa mata kuliah yang umumnya diajarkan antara lain:

  1. Anatomi dan Fisiologi Gigi dan Mulut: Mahasiswa akan mempelajari struktur gigi, mulut, dan fungsi-fungsinya.
  2. Kesehatan Gigi dan Mulut: Mata kuliah ini membahas tentang penyakit gigi dan mulut, pencegahan karies gigi, dan perawatan gigi dan mulut.
  3. Pemeriksaan Kesehatan dan Diagnosa: Mahasiswa akan belajar melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, serta mendiagnosis berbagai masalah yang mungkin timbul.
  4. Pencegahan Penyakit Gigi dan Mulut: Fokus pada cara mencegah penyakit gigi dan mulut, seperti perawatan gigi harian dan gaya hidup sehat.
  5. Restorasi Gigi: Mata kuliah ini membahas teknik restorasi gigi yang telah rusak, misalnya dengan menggunakan tambalan atau veneer gigi.
  6. Bedah Gigi: Mahasiswa akan mempelajari teknik pembedahan gigi, termasuk ekstraksi gigi atau pemasangan implan gigi.
  7. Teknologi Kesehatan Gigi: Mempelajari penggunaan teknologi dalam perawatan dan diagnosis gigi, seperti sinar-X atau pencitraan digital.
  8. Manajemen Praktik: Mata kuliah ini melatih mahasiswa dalam aspek manajemen dan pengelolaan praktik keperawatan gigi.

Peluang Karir dalam Jurusan Keperawatan Gigi

Lulusan jurusan keperawatan gigi memiliki berbagai peluang karir di bidang kesehatan gigi dan mulut. Beberapa karir yang dapat dikejar oleh lulusan program ini antara lain:

  1. Praktisi Kesehatan Gigi: Lulusan dapat bekerja sebagai praktisi kesehatan gigi yang menangani pasien dalam perawatan gigi dan mulut rutin, seperti pembersihan gigi, tambalan, atau pencabutan gigi.
  2. Asisten Dokter Gigi: Lulusan dapat bekerja sebagai asisten dokter gigi di klinik atau rumah sakit. Tugas mereka mencakup membantu dokter gigi dalam pemeriksaan, perawatan dan prosedur bedah gigi.
  3. Peneliti Kesehatan Gigi: Lulusan juga dapat bekerja sebagai peneliti di bidang kesehatan gigi dan mulut. Mereka dapat terlibat dalam penelitian ilmiah untuk pengembangan teknik perawatan gigi yang lebih baik.
  4. Edukator Kesehatan Gigi: Lulusan dapat menjadi pendidik di sekolah-sekolah atau kelompok masyarakat dalam mengedukasi tentang pentingnya kesehatan gigi dan cara menjaga kebersihan gigi yang baik.
  5. Konsultan Perawatan Gigi: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan perawatan gigi di industri farmasi atau perusahaan perawatan kesehatan, memberikan saran dan rekomendasi dalam pengembangan dan pemasaran produk-produk perawatan gigi.
BACA JUGA:   Puskesmas Kemuning Bojong Gede: Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat

Kesimpulan

Jurusan keperawatan gigi memberikan kesempatan bagi individu yang tertarik dengan kesehatan gigi dan mulut untuk mempelajari dan mengasah keterampilan dalam perawatan gigi. Selain itu, lulusan jurusan ini juga memiliki berbagai peluang karir yang luas di bidang kesehatan gigi dan mulut. Dengan kepemahaman yang mendalam tentang perawatan gigi dan upaya pencegahan penyakit gigi, lulusan jurusan keperawatan gigi dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam memperbaiki kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Also Read

Bagikan: