Nama-nama Wayang Wanita

Niki Salamah

Dalam seni pertunjukan Wayang, terdapat berbagai karakter yang digambarkan oleh tokoh-tokoh wayang. Meskipun mayoritas adalah tokoh pria, namun ada juga beberapa karakter wayang yang digambarkan sebagai wanita. Berikut adalah beberapa nama wayang wanita yang terkenal:

1. Dewi Shinta

Dewi Shinta adalah salah satu karakter wayang paling terkenal dan populer. Ia merupakan istri dari Rama dalam kisah Ramayana. Dewi Shinta digambarkan sebagai wanita yang cantik, cerdas, dan setia terhadap suaminya. Dia adalah sosok yang kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan hidupnya. Dewi Shinta sering digambarkan mengenakan pakaian dengan warna-warna yang cerah dan indah.

2. Sita

Sita adalah karakter wanita lainnya yang muncul dalam cerita Ramayana dalam versi wayang. Ia juga merupakan istri dari Rama dan memiliki sifat yang lemah lembut serta penuh pengorbanan. Sita dikenal karena kesetiaannya pada Rama dan kemampuannya untuk menjaga kesucian dan kebajikan.

3. Dewi Rukmini

Dewi Rukmini adalah salah satu karakter wanita dalam cerita Mahabharata yang juga digambarkan dalam pertunjukan wayang. Dia adalah istri dari Kresna, salah satu tokoh utama dalam Mahabharata. Dewi Rukmini digambarkan sebagai sosok yang sangat cantik, cerdas, dan berhati baik. Ia juga terkenal dengan kesetiaan dan cintanya pada suaminya.

4. Dewi Kunti

Dewi Kunti adalah ibu dari para Pandawa dalam Mahabharata dan juga merupakan salah satu karakter wanita penting dalam wayang. Ia adalah sosok yang bijaksana dan kuat, serta dikenal akan ketabahannya dalam menghadapi cobaan hidup. Dewi Kunti digambarkan sebagai sosok yang setia pada suaminya, serta memiliki sikap yang baik hati dan tulus.

5. Supraba

Supraba adalah salah satu tokoh wanita dalam cerita wayang yang terkenal dalam lakon Pandawa Lima. Ia digambarkan sebagai permaisuri dari Pancawala, raja negara Puntadewa. Supraba memiliki sifat yang bijaksana dan memiliki kecantikan yang luar biasa. Ia sering kali menjadi penyeimbang dalam pertentangan di antara para karakter lainnya.

BACA JUGA:   Nama Bayi Aisyah

6. Arimbi

Arimbi adalah karakter wanita lain dalam cerita Mahabharata yang muncul dalam pertunjukan wayang. Ia adalah putri prajurit bernama Prabu Anggadipa. Arimbi digambarkan sebagai sosok yang cerdas, cantik, dan kuat. Ia memiliki peran penting dalam cerita, terutama dalam perang antara Pandawa dan Korawa.

7. Surupanaka

Surupanaka adalah tokoh wanita dalam kisah Ramayana yang sering digambarkan dalam pertunjukan wayang. Dia adalah saudari Ravana, raja raksasa. Surupanaka dikenal karena fisiknya yang buruk dan memiliki taring panjang. Ia memiliki peran yang penting dalam cerita Ramayana, terutama dalam menyebabkan konflik antara Rama dan Ravana.

Itulah beberapa nama wayang wanita yang terkenal dalam seni pertunjukan wayang. Mereka memiliki karakteristik dan peran masing-masing dalam cerita yang digambarkan. Keberadaan tokoh wayang wanita menambah warna dan keunikan dalam pertunjukan wayang, serta memberikan nilai tambah dalam interpretasi cerita dan nilai-nilai yang dihadirkan dalam wayang.

Also Read

Bagikan: