Masalah Gigi dan Gusi

Niki Salamah

Gigi

Gigi adalah organ keras yang terdapat di mulut manusia dan berfungsi untuk mengunyah makanan serta membantu dalam proses bicara. Namun, seringkali kita mengalami berbagai masalah terkait dengan gigi. Beberapa masalah umum yang sering muncul adalah gigi berlubang, gigi sensitif, gigi goyang, dan gigi tumbuh tidak rapi.

1. Gigi Berlubang
Gigi berlubang adalah kondisi ketika terjadi pengikisan pada struktur gigi oleh kuman. Hal ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan gangguan pada proses mengunyah makanan. Penanganannya meliputi perawatan saluran akar, penambalan gigi, dan jika diperlukan, gigi yang terlalu rusak mungkin perlu dicabut.

2. Gigi Sensitif
Gigi sensitif adalah kondisi di mana terjadi rasa nyeri pada gigi saat terkena rangsangan seperti makanan atau minuman panas, dingin, asam, atau manis. Hal ini umumnya disebabkan oleh terkikisnya lapisan pelindung gigi yang disebut email, sehingga memaparkan syaraf gigi yang sensitif. Penanganan gigi sensitif meliputi penggunaan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dan menghindari makanan atau minuman yang memicu rasa sensitif pada gigi.

3. Gigi Goyang
Gigi goyang dapat menjadi tanda adanya masalah pada jaringan pendukung gigi, seperti jaringan gusi dan tulang rahang. Gigi goyang bisa disebabkan oleh penyakit gusi, infeksi akar gigi, atau kerusakan tulang rahang. Penanganannya meliputi perawatan gigi yang mendasarinya, seperti membersihkan kavitas akar atau perawatan periodontal yang mungkin melibatkan pembersihan dan pemulihan jaringan pendukung gigi.

4. Gigi Tumbuh Tidak Rapi
Gigi tumbuh tidak rapi dapat menyebabkan masalah estetika dan juga sulit membersihkan gigi dengan benar. Biasanya, gigi yang tumbuh tidak rapi perlu diperbaiki dengan perawatan ortodontik seperti pemakaian kawat gigi atau gigi palsu. Perawatan ini bertujuan untuk mengembalikan rapihnya tumbuh gigi sehingga fungsi pengunyahan dan kepercayaan diri pasien dapat pulih.

BACA JUGA:   Relevanibf

Gusi

Masalah gigi juga seringkali disertai dengan masalah pada gusi. Gusi adalah jaringan lunak yang melapisi rahang dan membantu menjaga gigi tetap kuat dan sehat. Beberapa masalah gusi yang umum terjadi adalah gusi berdarah, radang gusi, dan penyakit gusi.

1. Gusi Berdarah
Gusi yang berdarah adalah kondisi ketika gusi mudah berdarah saat menyikat gigi atau menggigit makanan keras. Penyebab umum dari masalah ini adalah plak dan karang gigi yang menumpuk di sekitar gusi. Kebiasaan menjaga kebersihan gigi yang buruk bisa menyebabkan peradangan pada gusi dan mengakibatkan gusi berdarah. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk menjaga kebersihan gigi yang baik dengan rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik.

2. Radang Gusi
Radang gusi, juga dikenal sebagai gingivitis, terjadi ketika gusi mengalami peradangan. Ini biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri pada gigi dan gusi yang tidak dihilangkan dengan baik melalui kebiasaan menjaga kebersihan mulut yang buruk. Gejala dari radang gusi termasuk gusi merah, bengkak, dan berdarah saat menyikat gigi atau menggigit makanan. Perawatan melibatkan pembersihan gigi yang lebih baik, termasuk penggunaan benang gigi dan obat kumur, dan dalam kasus yang lebih parah, mungkin diperlukan perawatan dari dokter gigi.

3. Penyakit Gusi
Penyakit gusi, juga dikenal sebagai periodontitis, adalah kondisi yang lebih serius dan lanjut dari radang gusi. Penyakit ini terjadi ketika kerusakan pada jaringan pendukung gigi, seperti gusi dan tulang rahang, terjadi akibat infeksi bakteri yang tidak diobati. Gejala penyakit gusi meliputi gusi yang merah, bengkak, terasa sakit, gigi terasa goyang, dan napas yang tidak segar. Perawatan penyakit gusi meliputi pembersihan dalam skala besar oleh dokter gigi dan dalam kasus yang lebih lanjut, mungkin diperlukan upaya restoratif seperti operasi gigi atau transplantasi jaringan.

BACA JUGA:   Mengungkap Makna Posyandu: Pilar Kesehatan Masyarakat Indonesia

Dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, penting untuk menjalani kebiasaan kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan benang gigi, dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol secara berlebihan, karena hal ini juga dapat berdampak negatif pada kesehatan gigi dan gusi.

Also Read

Bagikan: