Manfaat Ceker untuk Ibu Hamil

Niki Salamah

Ceker, atau dikenal juga dengan nama kaki ayam, adalah salah satu bagian dari ayam yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Meskipun ceker sering diabaikan dan dianggap sebagai bagian yang kurang bernutrisi, namun ternyata ceker juga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat ceker bagi ibu hamil:

1. Sumber Protein Tinggi

Ceker mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Protein merupakan nutrisi penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, protein juga berperan dalam membangun jaringan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

2. Sumber Kolagen

Ceker ayam mengandung kolagen, senyawa yang penting untuk kesehatan ibu hamil. Kolagen berperan dalam memperkuat tulang, sendi, kulit, dan jaringan ikat tubuh. Selama kehamilan, tubuh akan mengalami perubahan dan peningkatan berat badan yang signifikan. Mengonsumsi ceker dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta mencegah keluhan yang sering terjadi seperti nyeri punggung dan pergelangan kaki.

3. Sumber Mineral

Ceker mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin, sementara fosfor berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Zat besi sangat penting bagi ibu hamil karena membantu dalam pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, dan mengoptimalkan transportasi oksigen dalam tubuh.

4. Kandungan Glukosamin

Ceker ayam mengandung glukosamin, senyawa yang baik untuk kesehatan sendi. Selama kehamilan, perubahan hormonal dapat menyebabkan keluhan sendi dan nyeri pada ibu hamil. Mengonsumsi ceker dapat membantu mengurangi keluhan tersebut dan menjaga kesehatan sendi saat hamil.

5. Sumber Kolina

Ceker juga mengandung kolina, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak janin. Kolina berperan dalam perkembangan sel saraf dan fungsi kognitif. Dengan mengonsumsi ceker, ibu hamil dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin secara optimal.

BACA JUGA:   Rekomendasi HP Gaming 1 Jutaan Terbaik 2022

6. Kandungan Gelatin

Ceker mengandung gelatin, senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selama kehamilan, sistem pencernaan ibu hamil menjadi lebih lambat akibat perubahan hormonal. Mengonsumsi ceker dapat membantu meningkatkan efisiensi pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Meskipun ceker memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil, tetapi tetaplah penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan diolah dengan higienis. Selalu pastikan ceker yang dikonsumsi segar dan bersih. Jika memungkinkan, sebaiknya mintalah saran dari tenaga medis atau ahli gizi sebelum mengonsumsi ceker saat hamil.

Dalam kesimpulannya, ceker dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Mengonsumsinya dapat membantu memenuhi kebutuhan protein, mineral, dan kolagen yang diperlukan selama kehamilan. Namun, tetaplah berhati-hati dan pastikan untuk mengonsumsi ceker dengan memperhatikan faktor kebersihan dan kesehatan.

Also Read

Bagikan: