Manfaat Ceker Ayam untuk Ibu Hamil

Niki Salamah

Ceker ayam, yang merupakan bagian kaki ayam, adalah salah satu bagian tubuh ayam yang sering dimasak dan dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Dalam budaya kuliner Indonesia, ceker ayam juga sering diolah menjadi makanan lezat seperti ceker goreng atau ceker pedas. Namun, selain cita rasa yang menggugah selera, apakah ceker ayam juga memberikan manfaat bagi ibu hamil?

Ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanannya agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa nutrisi penting dalam makanan ibu hamil antara lain protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan kolagen. Dan ternyata, ceker ayam dapat menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Berikut adalah beberapa manfaat ceker ayam untuk ibu hamil:

1. Sumber protein tinggi

Ceker ayam merupakan sumber yang kaya akan protein. Protein sangat penting dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Dalam setiap porsi ceker ayam, terdapat sekitar 12 gram protein. Protein yang baik untuk ibu hamil bisa membantu dalam membentuk otot serta jaringan baru pada janin yang sedang berkembang.

2. Mengandung kolagen

Ceker ayam juga mengandung kolagen, yaitu protein struktural yang berperan penting dalam pembentukan jaringan ikat, tulang, dan kulit. Kolagen sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga elastisitas kulit dan kesehatan sendi. Selama masa kehamilan, kulit dan sendi ibu mengalami perubahan untuk menyesuaikan perubahan berat badan dan pertumbuhan janin. Mengonsumsi ceker ayam dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan sendi selama masa kehamilan.

3. Sumber mineral dan vitamin

Ceker ayam mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Zat besi penting untuk mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta pembentukan tulang janin. Sedangkan magnesium berperan dalam fungsi jantung dan sistem saraf yang sehat.

BACA JUGA:   Rekomendasi HP Gaming 2 Jutaan Terbaik 2022

4. Membantu meredakan pegal dan nyeri

Selama kehamilan, banyak ibu hamil mengalami keluhan pegal dan nyeri pada tulang, sendi, dan otot. Ceker ayam mengandung kolagen dan zat-zat lain yang dapat membantu meredakan keluhan ini. Konsumsi ceker ayam secara teratur dapat memberikan efek yang menenangkan pada tubuh ibu hamil.

Pada akhirnya, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi ceker ayam sebaiknya tetap dalam batas yang wajar dan seimbang. Masaklah ceker ayam dengan benar untuk memastikan kebersihan dan keamanannya. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan ceker ayam ke dalam menu makanan ibu hamil.

Also Read

Bagikan: