Manfaat Buah Bengkoang untuk Lambung

Niki Salamah

Buah bengkoang merupakan salah satu buah yang kaya akan serat dan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu manfaat buah bengkoang yang tidak banyak diketahui adalah dalam menjaga kesehatan lambung.

Menjaga Keseimbangan Asam Lambung

Buah bengkoang mengandung zat alkaloid yang dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung. Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan lambung seperti maag atau asam lambung naik. Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu mengendalikan produksi asam lambung, menjaga keseimbangan pH lambung, dan mencegah terjadinya keasaman berlebihan.

Mencegah Peradangan Lambung

Kandungan antioksidan dalam buah bengkoang juga dapat membantu mencegah peradangan pada lambung. Peradangan pada lambung dapat disebabkan oleh makanan yang pedas, berlemak, atau mengandung bahan kimia tertentu. Dengan mengonsumsi buah bengkoang yang kaya akan antioksidan, dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada lambung dan menjaga kesehatan organ tersebut.

Mempertahankan Kesehatan Saluran Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah bengkoang juga memberikan manfaat untuk kesehatan lambung. Serat yang larut dalam air dalam buah bengkoang membentuk lapisan pelindung di dinding lambung, mencegah terjadinya luka atau iritasi pada lambung. Serat juga membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit, yang dapat mempengaruhi kesehatan lambung secara keseluruhan.

Meringankan Gejala Lambung Sensitif

Bagi mereka yang memiliki lambung sensitif, buah bengkoang dapat memberikan manfaat dalam meredakan gejalanya. Buah bengkoang memiliki efek menenangkan pada lambung yang yang meradang atau teriritasi. Kandungan enzim dalam buah bengkoang juga membantu mengurangi terjadinya gas berlebih di lambung yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Menjaga Kesehatan Usus

Buah bengkoang mengandung serat prebiotik yang dapat menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan usus, juga turut mendukung kesehatan lambung dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan.

BACA JUGA:   Tokoh Pewayangan Perempuan

Dalam kesimpulannya, buah bengkoang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lambung. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung, mencegah peradangan, mempertahankan kesehatan saluran pencernaan, meringankan gejala lambung sensitif, dan menjaga kesehatan usus. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengonsumsi secara berlebihan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Also Read

Bagikan: