Manfaat Bengkoang untuk Lambung

Niki Salamah

Bengkoang atau yang juga dikenal sebagai yam bean merupakan tanaman yang biasa ditemukan di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Umbinya yang besar dan berair memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan lambung kita. Berikut adalah beberapa manfaat bengkoang untuk lambung:

  1. Mengatasi Gangguan Lambung

Bengkoang memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu mengatasi gangguan lambung seperti maag atau asam lambung naik. Serat yang terdapat dalam bengkoang membantu mengikat asam lambung dan mendorong keluarnya asam tersebut dari saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah terjadinya gejala tidak nyaman akibat lambung yang terganggu.

  1. Meredakan Peradangan pada Lambung

Bengkoang mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan pada lambung. Inflamasi pada lambung dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dan iritasi. Dengan mengonsumsi bengkoang secara rutin, dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan lambung yang teriritasi.

  1. Meningkatkan Produksi Getah Lambung

Getah lambung berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Bengkoang mengandung senyawa inulin, yang dapat merangsang produksi getah lambung. Dengan meningkatkan produksi getah lambung, proses pencernaan makanan di lambung akan menjadi lebih efektif dan lancar.

  1. Mencegah Penyakit Maag

Pada umumnya, penyakit maag disebabkan oleh kelebihan asam lambung atau dispepsia. Bengkoang memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit maag. Selain itu, serat yang terkandung dalam bengkoang juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam lambung, sehingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

  1. Menjaga Keseimbangan Bakteri Lambung

Bengkoang mengandung fruktooligosakarida (FOS), serat yang dapat digunakan sebagai makanan bagi bakteri baik di dalam lambung. Bakteri baik ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan mikrobiota di lambung, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

BACA JUGA:   Warna Kuning Air

Dari beberapa manfaat di atas, dapat disimpulkan bahwa bengkoang memiliki banyak manfaat untuk lambung. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, sehingga hasil yang diperoleh juga dapat bervariasi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi bengkoang secara rutin, terutama jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan.

Also Read

Bagikan: