Ciri Payudara Hamil

Niki Salamah

Pada masa kehamilan, perubahan hormonal dalam tubuh wanita dapat menyebabkan berbagai perubahan fisik, termasuk pada payudara. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang biasanya terjadi pada payudara selama kehamilan:

1. Pertumbuhan Ukuran

Salah satu tanda utama payudara sedang mengalami perubahan karena kehamilan adalah pertumbuhan ukurannya. Selama kehamilan, payudara dapat meningkatkan ukurannya secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang menyebabkan peningkatan aliran darah ke payudara dan peningkatan produksi kelenjar susu.

2. Pembengkakan

Selain pertumbuhan ukuran, payudara juga dapat terasa lebih penuh, kencang, dan terkadang sedikit nyeri selama kehamilan. Pembengkakan payudara ini umumnya terjadi pada trimester pertama akibat peningkatan aliran darah dan peningkatan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

3. Perubahan Warna

Payudara juga dapat mengalami perubahan warna selama kehamilan. Biasanya, puting susu dan sekitarnya akan menjadi lebih gelap atau berubah menjadi warna kemerahan. Hal ini dikarenakan peningkatan produksi melanin yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.

4. Pembengkakan Vena

Selama kehamilan, Anda mungkin juga melihat bahwa vena di sekitar payudara menjadi lebih terlihat atau terlihat lebih jelas. Hal ini normal terjadi karena peningkatan aliran darah ke payudara untuk mendukung pertumbuhan dan persiapan produksi ASI.

5. Pembesaran Areola

Areola, yaitu area berwarna gelap di sekitar puting, juga akan mengalami perubahan selama kehamilan. Area ini dapat menjadi lebih besar dan lebih gelap warnanya. Selain itu, Anda juga mungkin melihat adanya benjolan kecil di sekitar areola, yang dikenal sebagai tuberkel Montgomery.

6. Produksi Kolostrum

Pada trimester akhir kehamilan, payudara mulai memproduksi cairan kuning kekuningan yang disebut kolostrum. Kolostrum adalah ASI awal yang sangat kaya akan nutrisi dan antibodi penting untuk bayi baru lahir. Beberapa wanita mungkin melihat keluarnya kolostrum dari puting payudara, terutama saat payudara atau puting dipijat atau dirangsang.

BACA JUGA:   Mengapa Diffuser Tidak Mengeluarkan Uap

7. Perubahan Tekstur

Selama kehamilan, payudara juga dapat mengalami perubahan pada tekstur kulitnya. Beberapa wanita melaporkan bahwa kulit payudara mereka menjadi lebih lembut atau lebih kering daripada biasanya.

8. Nyeri atau Sensitivitas

Beberapa wanita bisa merasa nyeri atau sensitivitas di area payudara selama kehamilan, terutama pada trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang mempengaruhi kelenjar susu dan jaringan sekitar.

9. Perubahan Bentuk

Selain pertumbuhan ukuran, payudara juga dapat mengalami perubahan bentuk selama kehamilan. Ini karena pertumbuhan kelenjar susu dan kantung ASI yang disiapkan untuk menyusui bayi setelah melahirkan.

Kesimpulan

Selama kehamilan, perubahan hormonal dapat mempengaruhi payudara dan menyebabkan berbagai perubahan fisik. Ciri-ciri payudara yang umum terjadi selama kehamilan meliputi pertumbuhan ukuran, pembengkakan, perubahan warna, pembengkakan vena, pembesaran areola, produksi kolostrum, perubahan tekstur, nyeri atau sensitivitas, serta perubahan bentuk payudara.

Also Read

Bagikan: