Ciri-Ciri Payudara Orang Hamil

Niki Salamah

Perubahan Ukuran

Salah satu ciri-ciri payudara pada wanita yang sedang hamil adalah perubahan ukuran payudara yang terjadi. Seiring dengan kehamilan, payudara akan mengalami pertumbuhan dan pembesaran. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil, terutama peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Perubahan ukuran ini biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan dapat terus berlanjut hingga akhir kehamilan.

Pembengkakan dan Kemerahan

Payudara juga dapat mengalami pembengkakan dan kemerahan saat seseorang sedang hamil. Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita hamil dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke payudara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pembengkakan dan kemerahan. Sensasi ini dapat terjadi pada awal kehamilan atau lebih terasa saat mendekati persalinan.

Nyeri dan Sensitivitas

Selama kehamilan, banyak wanita melaporkan bahwa payudara mereka menjadi lebih nyeri dan sensitif. Hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh. Nyeri dan sensasi seperti terbakar pada payudara biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan, tetapi bisa juga berlanjut hingga trimester berikutnya.

Pembesaran Puting dan Areola

Selain perubahan ukuran payudara, puting dan areola (lingkaran berwarna di sekitar puting) juga mengalami perubahan saat seseorang hamil. Puting bisa menjadi lebih besar, merah muda, dan lebih sensitif. Sedangkan areola bisa berubah menjadi lebih gelap dan lebih besar. Perubahan ini adalah respons terhadap peningkatan hormon dalam tubuh dan persiapan untuk menyusui bayi setelah lahir.

Munculnya Varises

Selama kehamilan, beberapa wanita juga dapat mengalami munculnya varises pada payudara. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke payudara dan perubahan pembuluh darah yang terjadi selama kehamilan. Varises pada payudara biasanya menjadi lebih terlihat saat wanita tersebut hamil, tetapi dapat menghilang setelah melahirkan.

BACA JUGA:   Cara Memasukan Kontak ke Grup WhatsApp

Perubahan Pengeluaran Susu

Pada trimester terakhir kehamilan dan setelah melahirkan, payudara juga dapat mengalami perubahan dalam produksi dan pengeluaran susu. Sekresi susu atau colostrum (cairan kuning atau kuning keputihan) dapat mulai muncul dari puting payudara, yang merupakan persiapan alami tubuh untuk menyusui bayi setelah lahir.

Kesimpulan

Ciri-ciri payudara pada wanita hamil meliputi perubahan ukuran, pembengkakan dan kemerahan, nyeri dan sensitivitas, pembesaran puting dan areola, munculnya varises, serta perubahan dalam produksi dan pengeluaran susu. Semua perubahan ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita hamil, dan merupakan bagian normal dari proses kehamilan.

Also Read

Bagikan: