Cara Merekatkan LCD HP

Niki Salamah

Jika LCD (Liquid Crystal Display) pada ponsel Anda mengalami masalah seperti lepas atau retak, Anda dapat mencoba merekatkannya sendiri sebelum membawanya ke pusat layanan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk merekatkan LCD HP Anda.

Persiapan dan Bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai proses merekatkan LCD HP, pastikan Anda telah menyiapkan bahan dan peralatan berikut:

  1. Penutup LCD yang Baru: Anda akan memerlukan penutup LCD baru yang kompatibel dengan model HP Anda. Anda dapat membelinya online atau dari toko suku cadang HP terdekat.
  2. Peralatan Penutup LCD: Beberapa peralatan yang Anda butuhkan adalah obeng kecil (biasanya obeng Phillips #00 atau #000), pengelupas plastik atau kartu kredit tua, pinset presisi atau alat sejenis, dan perekat yang tahan panas untuk merekatkan LCD.

Langkah-langkah Merekatkan LCD HP:

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk merekatkan LCD HP dengan benar:

Langkah 1: Matikan HP Anda dan pastikan Anda bekerja di tempat yang bersih dan terang.

Langkah 2: Lepaskan penutup belakang HP dan baterai jika Anda dapat mengakses LCD dari bagian belakang. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Gunakan obeng kecil untuk membuka penutup LCD yang rusak dengan hati-hati. Pada kebanyakan HP, ini melibatkan melepas sekrup pada bagian samping penutup atau mengeluarkan sekrup plastik yang menahan penutup.

Langkah 4: Setelah penutup LCD terbuka, gunakan pengelupas plastik atau kartu kredit tua untuk melonggarkan LCD yang rusak dari perekat yang menahannya. Mulailah dengan mengelupas sudut LCD dengan hati-hati dan perlahan.

Langkah 5: Begitu LCD terlepas sepenuhnya, gunakan pinset presisi atau alat sejenis untuk melepaskan kabel fleksibel dari konektor yang memegangnya. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan tidak merusak kabel fleksibel atau konektornya.

BACA JUGA:   Cara Mendapatkan Pulsa 50 Ribuan Secara Gratis

Langkah 6: Setelah LCD rusak terlepas, bersihkan sisa perekat dari frame LCD menggunakan pestisida alkohol isopropil dan tisu bersih. Pastikan Anda membersihkan area dengan hati-hati dan tidak meninggalkan serpihan atau noda.

Langkah 7: Tempatkan LCD yang baru dengan hati-hati di tempat yang sebelumnya ditempati oleh LCD yang rusak. Pastikan konektor kabel fleksibel terhubung dengan baik ke konektor yang sesuai pada papan logika.

Langkah 8: Sekarang, gunakan perekat yang tahan panas, seperti perekat khusus untuk perangkat elektronik atau double-sided adhesive tape, dan tempelkan LCD yang baru dengan hati-hati ke frame LCD. Pastikan untuk meletakkannya dengan presisi dan tidak menyentuh bagian dalam layar.

Langkah 9: Setelah LCD terpasang kembali, hubungkan kembali penutup LCD dengan menempatkan semua sekrup dan menjepit penutup ke tempatnya. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal atau tidak rata.

Langkah 10: Terakhir, pasang kembali penutup belakang HP atau casing keseluruhan dengan hati-hati dan pasangkan baterai. Nyalakan HP Anda dan periksa apakah LCD berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Merekatkan LCD HP dapat dilakukan dengan hati-hati dan beberapa peralatan yang tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat mencoba merekatkan LCD HP Anda sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak mahir dalam melakukannya, disarankan untuk membawa ponsel ke pusat layanan resmi atau teknisi yang berpengalaman untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Also Read

Bagikan: