Cara Menghapus Password WinRAR

Niki Salamah

Password dalam file WinRAR digunakan untuk melindungi file dari akses yang tidak sah. Namun, ada situasi di mana Anda perlu menghapus password WinRAR dari file, entah karena Anda lupa password, tidak lagi memerlukannya, atau untuk alasan lainnya. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah secara detail tentang cara menghapus password WinRAR.

Langkah 1: Buka aplikasi WinRAR

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WinRAR. Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik ikon WinRAR di desktop atau melalui menu "Start" pada Windows.

Langkah 2: Pilih file yang ingin Anda hapus passwordnya

Setelah aplikasi WinRAR terbuka, Anda harus menemukan dan memilih file yang ingin Anda hapus passwordnya. Caranya adalah dengan menavigasi melalui folder atau drive komputer Anda menggunakan panel navigasi di jendela WinRAR. Setelah menemukan file yang diinginkan, klik sekali pada file tersebut untuk memilihnya.

Langkah 3: Buka tab "Tools" dan pilih "Convert archives"

Di jendela WinRAR, Anda akan melihat tab-menu di bagian atas. Klik tab "Tools" untuk membuka menu drop-down. Dari menu drop-down tersebut, pilih opsi "Convert archives".

Langkah 4: Pilih file yang ingin Anda hapus passwordnya

Sebuah jendela baru akan muncul dengan judul "Convert archives". Di jendela ini, Anda akan melihat daftar file yang ada di dalam arsip WinRAR. Pastikan file yang ingin Anda hapus passwordnya sudah terpilih di daftar ini. Jika tidak, Anda dapat menekan tombol "Add" untuk menambahkan file tersebut.

Langkah 5: Klik tombol "Set password" dan kosongkan field password

Setelah memilih file yang ingin dihapus passwordnya, klik tombol "Set password". Pada jendela pop-up yang muncul, Anda akan melihat field password. Kosongkan field ini dengan menghapus karakter yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:   Cara Menyolder Port USB

Langkah 6: Klik tombol "OK" untuk menyimpan perubahan

Setelah mengosongkan field password, klik tombol "OK" pada jendela "Set password". Hal ini akan menghapus password WinRAR dari file yang dipilih.

Langkah 7: Simpan perubahan dan keluar dari aplikasi WinRAR

Setelah menghapus password WinRAR dari file, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Klik tombol "OK" pada jendela "Convert archives" untuk melakukan hal ini. Setelah itu, Anda dapat keluar dari aplikasi WinRAR.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus password WinRAR dari file yang diinginkan. Pastikan untuk menyimpan file yang telah kehilangan password dengan hati-hati, dan perlu diingat bahwa setelah password dihapus, file tersebut akan menjadi tidak terenkripsi dan tidak dilindungi oleh password lagi.

Also Read

Bagikan: