Cara Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Ngedrop

Niki Salamah

Baterai HP yang sudah ngedrop atau menurun kapasitasnya biasanya menjadi masalah yang cukup umum dialami oleh pengguna HP. Penurunan kapasitas baterai dapat membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan HP mereka sehari-hari karena baterai cepat habis atau sulit untuk diisi ulang. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki baterai HP yang sudah ngedrop:

1. Menggunakan Charger Asli dan Berkualitas

Pastikan Anda menggunakan charger asli dan berkualitas saat mengisi ulang baterai HP. Penggunaan charger yang tidak asli atau berkualitas rendah dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan kapasitasnya. Selalu gunakan charger yang direkomendasikan oleh pabrik HP Anda.

2. Hindari Penggunaan HP Ketika Charging

Menggunakan HP saat di-charge dapat menyebabkan suhu baterai naik secara drastis, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Hindarilah penggunaan HP saat sedang di-charge untuk memastikan baterai tidak terlalu panas dan kapasitasnya tetap terjaga.

3. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Beberapa fitur HP seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan fitur panggilan otomatis dapat menguras daya baterai dengan cepat. Matikan fitur-fitur ini jika tidak sedang digunakan agar baterai dapat bertahan lebih lama dan kapasitasnya tidak cepat menurun.

4. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menjadi salah satu penyebab cepat habisnya daya baterai. Kurangi kecerahan layar HP Anda ke tingkat yang cukup untuk melihat dengan jelas, tapi tidak terlalu terang. Hal ini dapat menghemat daya baterai dan mencegah penurunan kapasitasnya.

5. Hindari Menyimpan Baterai HP dalam Kondisi Kosong atau Penuh Penuh

Menyimpan baterai HP dalam kondisi kosong atau penuh penuh dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan kapasitasnya. Sebaiknya, jaga baterai HP Anda tetap terisi sekitar 20-80%. Jika Anda tidak akan menggunakan HP dalam waktu yang lama, biarkan baterai dalam kondisi sekitar 50% dan simpan di tempat yang sejuk.

BACA JUGA:   Logo Totok Punggung PNG

6. Periksa Aplikasi yang Menggunakan Baterai Secara Terus-Menerus

Beberapa aplikasi mungkin menggunakan baterai HP secara terus-menerus, bahkan ketika Anda tidak sedang menggunakannya. Periksa penggunaan baterai oleh aplikasi-aplikasi tersebut dalam pengaturan HP dan cobalah untuk membatasi atau menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak penting.

7. Kalibrasi Ulang Baterai

Kalibrasi ulang baterai dapat membantu mengembalikan keakuratan indikator baterai dan memperbaiki masalah penurunan kapasitas. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengisi baterai hingga penuh, lalu gunakan HP hingga baterai benar-benar habis dan mati. Setelah itu, isi ulang baterai hingga penuh tanpa menghidupkan HP. Ulangi proses ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

8. Ganti Baterai yang Sudah Tua atau Rusak

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi baterai HP masih ngedrop dan tidak dapat bertahan lama, mungkin sudah saatnya untuk mengganti baterai yang sudah tua atau rusak. Kunjungi pusat layanan resmi atau toko yang terpercaya untuk mendapatkan baterai pengganti yang sesuai dengan HP Anda.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda dapat memperbaiki baterai HP yang sudah ngedrop dan memperpanjang masa pakai baterai tersebut. Pastikan untuk memperhatikan dan menjaga keadaan baterai secara rutin agar kinerjanya tetap optimal.

Also Read

Bagikan: