Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Flashdisk

Niki Salamah

Jika Anda perlu menginstal ulang Windows 10 pada komputer Anda tetapi tidak memiliki akses ke sebuah flashdisk, Anda masih dapat melakukannya dengan menggunakan metode alternatif. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Langkah 1: Menyiapkan File Instalasi Windows 10

  1. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan file instalasi Windows 10. Anda dapat mengunduh file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft atau menggunakan media instalasi yang Anda miliki, seperti DVD instalasi Windows 10.

Langkah 2: Menyiapkan Partisi Baru

  1. Setelah Anda memiliki file instalasi Windows 10, langkah selanjutnya adalah menyiapkan partisi baru pada komputer Anda. Pastikan untuk membuat cadangan semua data penting sebelum melanjutkan, karena proses ini akan menghapus semua data pada partisi yang akan dipasang ulang.

  2. Buka "Pengaturan" pada Windows 10 yang sedang berjalan, lalu masuk ke "Pembaruan & Keamanan" dan pilih opsi "Pemulihan".

  3. Di bagian "Pemulihan", klik pada opsi "Mulai ulang sekarang" di bawah "Memulai ulang ke perangkat lainnya".

  4. Setelah komputer Anda reboot, pilih opsi "Pemecahan Masalah" dan kemudian "Pengatur Ulang PC".

  5. Pada layar berikutnya, pilih opsi "Pulihkan dari awal", dan kemudian pilih partisi yang akan diinstal ulang.

Langkah 3: Menginstal Ulang Windows 10

  1. Setelah partisi dipilih, Windows akan mulai menginstal ulang sistem operasi. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

  2. Setelah instalasi selesai, sistem akan meminta Anda untuk mengatur pengaturan dasar seperti bahasa, zona waktu, dan akun pengguna.

  3. Setelah proses instalasi selesai dan Anda selesai mengatur pengaturan dasar, komputer akan siap untuk digunakan dengan Windows 10 yang telah diinstal ulang.

Langkah 4: Menginstal Kembali Aplikasi dan Mengembalikan Data

  1. Langkah terakhir adalah menginstal ulang aplikasi yang sebelumnya Anda miliki sebelum instal ulang Windows 10. Anda dapat mengunduh kembali aplikasi dari situs web resmi atau menggunakan DVD instalasi jika Anda memiliki.

  2. Jangan lupa untuk mengembalikan data penting yang telah di-backup ke komputer Anda.

BACA JUGA:   Tanda iPhone Terkena Air

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menginstal ulang Windows 10 tanpa perlu menggunakan flashdisk. Penting untuk diingat bahwa proses instal ulang ini akan menghapus semua data pada partisi yang akan dipasang ulang, jadi pastikan untuk membuat cadangan semua data penting sebelum melanjutkan.

Also Read

Bagikan: