Cara Berbagi Jaringan Wifi Melalui Bluetooth

Niki Salamah

Jika Anda ingin berbagi koneksi internet melalui jaringan wifi menggunakan Bluetooth, tetapi tidak memiliki akses ke hotspot wifi atau perangkat lain yang dapat membagikan wifi, Anda masih dapat melakukan hal tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kedua perangkat memiliki Bluetooth yang aktif: Pastikan kedua perangkat, yaitu ponsel atau laptop yang ingin Anda gunakan sebagai pemancar wifi (host) dan perangkat lain yang ingin terhubung ke wifi melalui Bluetooth (client), telah memiliki fitur Bluetooth yang aktif.

  2. Pilih perangkat host: Tentukan perangkat mana yang akan digunakan sebagai pemancar wifi (host). Pilih perangkat yang memiliki koneksi internet yang stabil dan memiliki daya baterai yang cukup untuk mendukung penggunaan jangka panjang.

  3. Pancarkan sinyal Bluetooth: Pada perangkat yang telah Anda pilih sebagai host, hidupkan Bluetooth dan pastikan dapat menerima koneksi dari perangkat lain. Biasanya, Anda dapat mengaktifkan mode "Visible" atau "Discoverable" pada pengaturan Bluetooth. Hal ini memungkinkan perangkat client untuk mendeteksi perangkat host.

  4. Hubungkan perangkat client ke perangkat host: Pada perangkat client, aktifkan juga fitur Bluetooth dan cari perangkat host di daftar perangkat yang tersedia. Pilih perangkat host dan lakukan proses pairing atau penghubungan antara perangkat host dan client. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghubungan.

  5. Aktifkan fitur Tethering melalui Bluetooth: Setelah perangkat client terhubung ke perangkat host melalui Bluetooth, pergilah ke pengaturan Bluetooth di perangkat host. Di sana, Anda harus menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur "Tethering" atau "Internet Sharing" melalui Bluetooth. Aktifkan opsi ini untuk memulai proses berbagi koneksi internet melalui Bluetooth.

  6. Konfigurasi pengaturan jaringan di perangkat client: Pada perangkat client, pastikan untuk mengatur pengaturan jaringan dengan benar. Biasanya, perangkat akan mencoba mengidentifikasi dan mengonfigurasi pengaturan jaringan otomatis setelah terhubung dengan perangkat host melalui Bluetooth. Jika pengaturan jaringan tidak dikonfigurasi dengan benar, periksa pengaturan jaringan dan pastikan Anda telah memilih opsi "Meggunakan jaringan Bluetooth" atau "Bluetooth Tethering" sebagai sumber internet.

  7. Uji koneksi internet: Terakhir, pastikan perangkat client mampu mengakses internet melalui koneksi Bluetooth dengan mencoba membuka halaman web atau menggunakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Jika koneksi internet berfungsi dengan baik, maka Anda telah berhasil berbagi jaringan wifi melalui Bluetooth.

BACA JUGA:   The Myth Behind Eating Chicken Feet

Penting untuk diketahui bahwa berbagi koneksi internet melalui Bluetooth mungkin tidak secepat atau seterjangkau berbagi melalui jaringan wifi. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan keterbatasan dan kecepatan transfer data saat menggunakan metode ini.

Catatan: Langkah-langkah di atas adalah panduan umum untuk berbagi jaringan wifi melalui Bluetooth. Metode ini dapat sedikit berbeda tergantung pada perangkat dan versi sistem operasi yang Anda gunakan.

Also Read

Bagikan: