Puskesmas: Pilar Kesehatan Masyarakat Menurut Para Ahli

Niki Salamah

Puskesmas, atau Pusat Kesehatan Masyarakat, adalah institusi yang menjadi tulang punggung layanan kesehatan di tingkat primer di Indonesia. Berikut adalah artikel mendetail mengenai puskesmas berdasarkan definisi para ahli.

Pengertian Puskesmas

Menurut Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014, puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Fungsi Puskesmas

Puskesmas berfungsi sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat dan pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

Kegiatan Pokok Puskesmas

Kegiatan pokok puskesmas meliputi pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif, meliputi aspek kuratif, preventif, promotif, dan rehabilitatif.

Peran Puskesmas dalam Pembangunan Kesehatan

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan yang bertanggung jawab dalam pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Puskesmas Menurut WHO

Menurut World Health Organization (WHO), puskesmas adalah lembaga kesehatan yang menyediakan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif di tingkat primer.

Puskesmas dalam Perspektif Ahli Kesehatan

Para ahli kesehatan menganggap puskesmas sebagai sarana penting yang mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Artikel ini akan menguraikan lebih lanjut mengenai masing-masing subjudul di atas dengan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber di internet, mengikuti format markdown yang telah diminta.

BACA JUGA:   Daftar Dokter Gigi di Medan yang Menerima BPJS

Also Read

Bagikan: