Visi Misi Pernikahan Sesuai Sunnah

Niki Salamah

Pendahuluan

Visi misi pernikahan dalam Islam memiliki landasan yang kuat dalam sunnah Rasulullah SAW. Adapun visi misi pernikahan sesuai sunnah penting untuk dipahami dan diterapkan oleh pasangan suami istri agar dapat menjalankan pernikahan yang harmonis, penuh kasih sayang, dan berkah.

Visi Pernikahan

Visi pernikahan sesuai sunnah adalah untuk menciptakan hubungan yang kuat berdasarkan cinta dan kasih sayang yang diikat dalam ketakwaan kepada Allah SWT. Visi ini berarti bahwa pasangan suami istri bertujuan untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Visi pernikahan sesuai sunnah juga merupakan implementasi dari hadis Rasulullah SAW yang menyatakan, "Sebaik-baik umatku adalah yang paling baik dalam akhlak dan perangai mereka, yang paling lembut dan paling penuh kasih sayang kepada keluarganya."

Misi Pernikahan

Misi pernikahan sesuai sunnah melibatkan komitmen untuk menjalankan pernikahan dengan prinsip-prinsip Islam yang dituntun oleh Rasulullah SAW. Berikut adalah beberapa misi pernikahan sesuai sunnah:

  1. Memiliki Ketakwaan kepada Allah SWT: Pasangan suami istri perlu memiliki kesadaran akan kewajiban mereka kepada Allah SWT dalam menjalankan pernikahan. Mereka berusaha untuk saling mendukung dalam ibadah, seperti menjaga shalat berjamaah, berpuasa bersama, dan berkontribusi dalam amal kebaikan.

  2. Saling Menghormati dan Menghargai: Pasangan suami istri harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Mereka harus menghindari perilaku yang dapat menyakiti hati pasangan, seperti mengucapkan kata-kata kasar atau merendahkan martabat satu sama lain.

  3. Komunikasi yang Efektif: Komunikasi yang baik adalah kunci dalam mencapai keharmonisan pernikahan. Pasangan suami istri perlu belajar untuk mendengarkan dengan penuh perhatian, mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan jujur, serta mencari solusi bersama dalam menghadapi perbedaan pendapat.

  4. Menjaga Kesetiaan: Kesetiaan dalam pernikahan adalah prinsip yang sangat penting dalam Islam. Pasangan suami istri harus saling berkomitmen untuk setia satu sama lain, menjaga kepercayaan, dan menghindari perilaku yang dapat merusak kepercayaan tersebut.

  5. Membina Keluarga yang Sakinah: Pernikahan dalam Islam bertujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah (rumah tangga yang penuh kedamaian, cinta, dan kasih sayang). Pasangan suami istri harus berupaya menciptakan lingkungan rumah tangga yang bahagia dengan saling mendukung, memahami, dan menghargai kebutuhan satu sama lain.

  6. Memiliki Kompromi dan Kesediaan untuk Maaf: Pernikahan tidak selalu lancar, namun pasangan suami istri perlu belajar untuk berkomitmen dalam mencapai solusi yang saling menguntungkan melalui kompromi. Mereka juga perlu memiliki kesiapan untuk memaafkan kesalahan satu sama lain dan terus menjaga hubungan yang harmonis.

BACA JUGA:   Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung 10 kg

Kesimpulan

Visi misi pernikahan sesuai sunnah bertujuan untuk menciptakan hubungan yang kuat, harmonis, dan berkah. Dalam pernikahan sesuai sunnah, pasangan suami istri memiliki visi untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dunia dan akhirat dengan menjalankan misi yang dilandasi oleh ketakwaan kepada Allah SWT, saling menghormati dan menghargai, komunikasi efektif, menjaga kesetiaan, membina keluarga yang sakinah, dan memiliki kompromi serta kesediaan untuk memaafkan. Dengan menjalankan visi misi pernikahan sesuai sunnah, pasangan suami istri dapat meraih kebahagiaan dan berkah dalam kehidupan pernikahan mereka.

Also Read

Bagikan: