Nama-nama Wayang Perempuan

Niki Salamah

Berikut ini adalah beberapa nama-nama wayang perempuan yang terkenal dalam seni pertunjukan tradisional Jawa:

1. Srikandi

Srikandi adalah salah satu tokoh wayang perempuan yang berasal dari Mahabharata, sebuah wiracarita dalam agama Hindu. Srikandi adalah seorang pahlawan wanita yang terkenal karena keberaniannya dalam pertempuran. Ia merupakan putri dari Raja Drupada dan saudari dari lima Pandawa. Srikandi diceritakan sebagai seorang pemanah yang ulung dan memiliki kekuatan yang gagah berani.

2. Dewi Kunti

Dewi Kunti adalah tokoh wayang perempuan yang juga berasal dari Mahabharata. Ia adalah ibu dari lima Pandawa, yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kunti memiliki peran yang penting dalam kisah Mahabharata karena melahirkan keturunan-keturunan yang memiliki peran besar dalam cerita ini.

3. Siti Sundari

Siti Sundari adalah salah satu tokoh wayang perempuan yang berasal dari pewayangan Sunda. Ia merupakan putri dari Raja Indrajaya yang berkhayal ingin memiliki seorang putri cantik namun sayangnya hanya memiliki anak perempuan jelek. Dalam cerita pewayangan Sunda, Siti Sundari cerdik, pemberani, dan memiliki kekuatan magis yang luar biasa.

4. Gatotkaca

Gatotkaca adalah seorang tokoh wayang perempuan dalam pewayangan Jawa. Meskipun namanya terdengar seperti tokoh laki-laki, Gatotkaca dalam pewayangan Jawa digambarkan sebagai seorang wanita berkekuatan super. Ia adalah putri dari Bima, salah satu Pandawa dalam Mahabharata. Gatotkaca diceritakan sebagai pahlawan yang kuat dan berani dalam pertempuran.

5. Drupadi

Drupadi adalah seorang tokoh wayang perempuan yang juga berasal dari Mahabharata. Ia merupakan istri dari kelima Pandawa. Drupadi diceritakan sebagai seorang ratu yang cantik dan cerdas. Ia memiliki peran yang penting dalam kisah Mahabharata, terutama dalam perjudian yang menyebabkan diasingkannya Pandawa selama 13 tahun.

BACA JUGA:   Nama Bayi Perempuan Aisyah Beserta Artinya

6. Lutung Kasarung

Lutung Kasarung adalah tokoh wayang perempuan yang berasal dari pewayangan Sunda. Cerita Lutung Kasarung banyak dikenal oleh masyarakat Jawa Barat. Lutung Kasarung diceritakan sebagai tokoh perempuan yang memiliki kemampuan ajaib dan bijaksana. Ia menjadi panutan bagi orang-orang yang mencari keadilan dan kebijaksanaan.

7. Suratni

Suratni adalah tokoh wayang perempuan dalam pewayangan Jawa. Ia merupakan putri dari Prabu Arjuna, salah satu Pandawa dalam Mahabharata. Suratni diceritakan sebagai seorang putri yang cantik, cerdas, dan memiliki kemampuan dalam seni bela diri. Ia sering kali menjadi pahlawan dalam kisah-kisah pewayangan.

8. Setyawati

Setyawati adalah tokoh wayang perempuan yang berasal dari pewayangan Jawa. Ia adalah ibu dari Gatotkaca, tokoh wayang perempuan lainnya. Setyawati diceritakan sebagai seorang wanita yang tangguh dan setia kepada suaminya, Bima. Ia memiliki peran yang penting dalam menjaga keluarga dan keturunannya.

Itulah beberapa nama-nama wayang perempuan yang terkenal dalam seni pertunjukan tradisional Jawa. Mereka memiliki karakter dan peran yang berbeda-beda dalam cerita pewayangan, namun semuanya memiliki nilai dan pesan yang penting dalam kehidupan.

Also Read

Bagikan: